Perencanaan pengaturan jadwal kegiatan pimpinan
Perencanaan
pengaturan jadwal kegiatan pimpinan dilakukan dengan menitik beratkan pada apa
yang menjadi kebutuhan pimpinan dan apasaja yang menjadi prioritas kerja bagi
kegiatan pimpinan. Dengan demikian, dalam mengatur jadwal tersebut, sekretaris
menyusun jadwal berdasarkan skala prioritas.
1. Perencanaan
meliputi tiga kategori
a) Perencanaan
jangka panjang (long term plan).
b) Perencanaan
jangka menengah (medium term plan).
c) Perencanaan
jangka pendek (short term plan).
2. Proses
perencanaan
a) Menetukan/menetapkan
maksud dan tujuan secar ajelas.
b) Menentukan
alternatif.
c) Mengatur
sumber-sumber yang diperlukan.
d) Menentukan
organisasi, metode, danprosedur.
e) Menentukan/menetapkan
rencana itu sendiri.
Dengan
memahami pengertian perencanaan kerja tersebut, maka yang perlu dilaksanakan
dalam membuat perencaaan kerja diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Meminta
penjelasan/saran-saran seperlunya mengenai masalah yang belum dimengerti.
b. Memeriksa
terlebih dahulu setiap pekerjaan dan rencana demi kesempurnaan.
c. Membuat
catatan khusus yang memuat hal-hal penting, sehingga pekerjaan sehari-hari
dapat direncanakan secara teratur.
d. Menentukan
urutan pentingnya masing-masing pekerjaansehingga tugas yang paling penting
mendapat prioritas pertama.
e. Merencanakan
batas waktu dan berusaha mencegah penundaan-penundaan pekerjaan.
f. Meneliti
agenda pimpinan setiap waktu, agar dapat membantu mengingatkan acara / kegiatan
pimpinan yang telah mendesak.
Ciri-ciri
perencanaan pengaturan jadwal kegiatan yang baik mencakup, hal-hal berikut ini:
· Jelas dalam
mengidentifikasi pekerjaan yang dilakukan pimpinan. Jelas dalam arti pekerjaan
tersebut memang dapat dilakukan dan sesuai dengan job deskripsi untuk pimpinan.
Sekretaris tidak boleh mencampur adukkan antara tugas sekretaris dengan tugas
pimpinan,walaupun pada akhirnya tugas sekretaris merupakan tugas untuk
melancarkan tugas pimpinan, jadi jadwal kegiatan sekretaris harus setiap hari
membaca laporan yang penting untuk pengambilan keputusan. Sekretaris harus jeli
dalam merencanakan jadwal kegiatan pimpinan.
· Berkesinambungan dalam
arti perencanaan jadwal kegiatan pimpinan tidak dapat berhenti pada satu
periode tertentu atau bersifat stagnan namun merupakan proses yang
berkesinambungan atau berjalan terus menerus.
Cara menyusun jadwal kerja/kegiatan
pimpinan
Untuk menyusun jadwal kerja atau
kegiatan pimpinan perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Mencatat segala sesuatu yang perlu
dikerjakan
2. Mencatat pekerjaan yang berkaitan
dengan urusan pimpinan
3. Mencatat pekerjaan mendesak, jangka
pendek, menengah dan jangka panjang
4. Menetapkan prioritas berdasarkan
pentingnya pekerjaan
5. Menyelesaikan pekerjaan berdasarkan
prioritas pentingnya pekerjaan.
Hal yang perlu diperhatikan dalam
mengatur agenda kerja pimpinan
Hal yang perlu diperhatikan dalam
rangka mengatur jadwal/agenda kegiatan pimpinan adalah sebagai berikut :
1) Menerima, mencatat dan
memeriksa semua appointments/ janj-janji yang dibuat pimpinan terkait dengan
pelaksanaan yang akan dilaksanakan maupun relasi perusahaan / pimpinan
2) Melakukan konfirmasi dengan
pimpinan terkait dengan janji yang masuk agenda kerja pimpinan untuk hindarkan
kepastian yang akan dilakukan, sehingga tercipta efektivitas agenda kerja
pimpinan.
3) Mengingatkan acara kegiatan
pimpinan.
4) Perhatikan dan bedakan
dengan jelas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pimpinan, kemudian tempatkan
dengan tepat pada agenda kerja pimpinan.
5) Menetapkan prioritas dari
kegiatan terpenting dan mendesak yang dikategorikan (A) ,kegiatan setengah
mendesak (B), dan kegiatan yang tidak mendesak atau dapat ditunda sementara (C)
6) Membuat suatu daftar kerja
apa yang harus dilakukan pimpinan
7) Menetapkan berapa lam waktu
yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan
8) Mengatur jumlah orang yang
terlibat dalam tugas pimpinan sesuai dengan kehendak pimpinan, sehingga dapat
diprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut.
9) Selalu mengikuti kemungkinan
terhadap perubahan acara kegiatan pimpinan.
Sistematika penyusunan agenda kerja
pimpinan
Urutan penyelenggaraan agenda kerja
pimpinan terdiri dari :
· Membuat
date line and reminder, yaitu catatan pesan secara umum yang dibuat menurut
bulan, tanggal dan jam, serta kegiatan yang menjadi sumber informasi untuk
menyusun jadawal kerja pimpinan dan jadwal perjalanan dinas/ bisnis pimpinan.
Date line and reminder diisi berdasarkan data dari buku tamu, buku janji temu,
surat janji temu, dan pesan telepon yang terkait dengan kegiatan kerja pimpinan
· Membuat jadwal
kerja pimpinan, yaitu menyusun rincian kerja kerja yang terjadwal terkait
kegiatan kerja yang berlangsung di kantor dan di dalam kota sebagai pedoman
pelaksanaan kegiatan kerja pimpinan agar tercipta efektifitas penyelesaian
pekerjaan manajemen. daftar ini dibuat berdasarkan date line and
reminder.
· Membuat jadwal perjalanan dinas /
bisnis, menyusun daftar kegiatan yang akan dilakukan pimpinan di luar kota, dan
luar negeri. Daftar ini dibuat merupakan jabaran yang tertulis di date line and
reminder yang telah disusun sebelumnya untuk digunakan bahan dasar untuk susun
jadwal perjalanan dinas/ bisnis
0 komentar:
Posting Komentar